9 Tips Cerdas Memilih Kosmetik untuk Wajah Berjerawat

Tips Memilih Kosmetik untuk Wajah Berjerawat tidaklah mudah karena jika salah memilih bisa membuat kondisi jerawat semakin parah. Pada dasarnya, setiap wanita memiliki jenis kulit yang berbeda-beda, seperti kulit berminyak, kering, normal, berjerawat hingga sensitif. Setiap kosmetik yang dijual diformulasikan khusus untuk jenis kulit tertentu sehingga harus dipilih sesuai jenis kulit.

Bagi wanita, memiliki kosmetik adalah suatu hal yang wajib untuk mempercantik diri. Kosmetik bisa membantu menyamarkan kekurangan pada wajah, seperti kerutan, noda hitam dan lainnya agar tidak begitu terlihat. Terutama bagi wanita yang memiliki masalah jerawat yang terkadang membuat kita kurang percaya diri untuk tampil di hadapan orang lain.

Meskipun kosmetik bisa menyamarkan masalah kulit pada wajah, termasuk untuk kulit berjerawat, tetap saja pemilihan tidak bisa dilakukan sembarangan. Bahkan, cenderung susah karena jika tidak cocok, maka jerawat akan lebih parah dan bahkan menimbulkan masalah kulit wajah lainnya. Oleh karena itu, dibutuhkan beberapa tips dalam memilih kosmetik untuk wajah berjerawat agar bisa tampil maksimal.

Pilih Kosmetik Bersifat Non-komedogenik

Non-komedogenik adalah salah satu kandungan yang harus ada dalam kosmetik kulit wajah berjerawat. Jerawat muncul biasanya diawali dengan adanya komedo yang menyumbat pori-pori. Agar terhindar dari jerawat, maka kulit wajah kita harus terbebas dari komedo. Oleh karena itu, penting untuk memilih kosmetik untuk wajah berjerawat yang bersifat non-komedogenik sehingga mengurangi risiko berjerawat.

Selain itu, pilihlah kosmetik yang bersifat hipoalergenik. Biasanya, hampir semua kosmetik yang diformulasikan khusus kulit berjerawat mengandung bahan-bahan hipoalergenik. Kandungan ini berguna untuk mencegah terjadinya peradangan yang lebih parah pada jerawat. Alergi terhadap bahan kosmetik menjadi salah satu penyebab munculnya jerawat sehingga bisa dihindari dengan bahan yang bersifat rendah alergi ini.

Kosmetik bebas minyak juga cocok untuk kulit wajah berjerawat. Produksi minyak yang berlebih juga menjadi salah satu penyebab munculnya jerawat pada wajah. Apabila kulit berminyak dan disertai komestik yang tidak cocok dengan kulit wajah maka akan berisiko membuat jerawat Anda semakin parah. Kandungan bebas minyak pada kosmetik akan mengontrol produksi minyak yang berlebih.

Itulah mengapa pentingnya membaca label pada setiap kosmetik sebelum Anda beli. Pastikan terlebih dahulu bahan apa saja yang terkandung dalam kosmetik dan bagaimana reaksinya terhadap kulit berjerawat. Anda bisa mencari informasi ini melalui internet dan jangan segan untuk berkonsultasi pada dokter kulit apabila kondisi jerawat sudah parah atau meradang.

Pilih Kosmetik Berbasis Mineral

Tips memilih kosmetik untuk wajah berjerawat lain yang harus Anda perhatikan adalah memastikan bahwa produk kosmetik yang Anda pilih adalah produk berbasis mineral. Produk kosmetik ini dirasa lebih cocok untuk kulit wajah berjerawat karena bisa menetralkan jerawat agar tidak muncul lagi. Selain itu, kandungan oksida, silika, zink oksida dan silika juga akan lebih baik jika terkandung dalam kosmetik yang hendak Anda pilih.

Bahan-bahan tersebut berfungsi secara efektif dalam menyerap minyak di wajah. Wajah yang berjerawat cenderung memproduksi minyak secara berlebih, terutama ketika menggunakan kosmetik. Apabila produksi minyak tidak dikontrol dengan baik, kondisi jerawat bisa menjadi lebih parah sehingga pastikan jika Anda memilih kosmetik untuk wajah berjerawat yang mengandung bahan-bahan tersebut.

Selain itu, kosmetik berbasis mineral dengan bahan-bahan yang sudah disebutkan tersebut bermanfaat untuk menyamarkan kemerahan para jerawat sehingga noda bekas jerawat bisa berkurang dengan penggunaan kosmetik ini. Beberapa kosmetik terkadang membuat kulit iritasi sehingga Anda harus waspada pada pemilihan kosmetik. Berbeda dengan kosmetik berbasis mineral yang memberikan manfaat tanpa mengiritasi kulit.

Hindari Foundation Tahan Lama

Setiap wanita pasti ingin selalu tampil cantik sepanjang hari. Itulah mengapa banyak produk berlabel ‘tahan lama seharian’ yang laris dipasaran. Kosmetik ini yang berlabel tulisan ini biasanya adalah foundation atau alas bedak. Foundation ini tidak hanya tahan lama, tapi juga tahan terhadap air atau waterproof sehingga tidak akan hilang meskipun berkeringat atau terkena air, bahkan beberapa menjadi lebih bagus setelah terkena air.

Foundation atau alas bedak yang tahan lama seperti ini biasanya bertekstur tebal, lengket dan padat sehingga cocok untuk menyamarkan masalah kulit, seperti noda hitam, kerutan hingga jerawat. Bahkan, banyak orang dengan kulit wajah berjerawat yang tergiur dengan manfaatnya agar make up bisa tahan lama. Tapi, memilih kosmetik untuk wajah berjerawat ini justru tidak cocok untuk Anda.

Foundation bertekstur tebal, lengket dan padat ini berpotensi menyebabkan jerawat semakin parah. Karena nantinya sulit dibersihkan dan cenderung meninggalkan sisa make up apabila tidak bisa membersihkannya secara benar. Oleh karena itu, sisa make up dan kotoran yang masih tersisa inilah yang bisa menyebabkan jerawat muncul.

Memilih Jenis Bedak yang Baik

Selain foundation, pemilihan bedak sebagai salah satu kosmetik juga harus diperhatikan. Bedak menjadi penyempurna make up. Terdapat banyak jenis bedak yang bisa kita jumpai, mulai dari bedak padat, cair hingga tabur. Bagi Anda yang memiliki kulit wajah berjerawat, bedak bertekstur tabur atau loose powder adalah pilihan yang tepat.

Memilih kosmetik untuk wajah berjerawat berupa bedak tabur ini dirasa lebih baik daripada bedak padat atau compact powder. Bedak tabur mencegah tersumbatnya kelenjar minyak di wajah karena hal ini bisa menyebabkan jerawat. Berbeda dengan bedan padat yang cenderung menyumbat kelenjar minyak sehingga jerawat bisa meradang atau bahkan lebih parah. Oleh karena itu, hentikan pemakaian bedak padat.

Mulai sekarang, gunakan bedak tabur untuk kulit Anda yang berjerawat. Tidak perlu tebal atau banyak, gunakan kuas untuk mengaplikasikan bedak agar bisa merata dan lebih mudah. Jaga kebersihan kuas dan bedak tabur Anda agar tidak terkontaminasi kotoran yang bisa menjadi pemicu munculnya jerawat. Untuk itu, bersihkan kuas bedak paling tidak seminggu sekali.

Pilih Tabir Surya Berbahan Dasar Air

Tabir surya adalah kosmetik yang harus Anda miliki untuk melindungi kulit dari paparan sinar matahari yang mengandung UVA dan UVB. Terdapat beberapa masalah kulit yang mungkin Anda alami ketika terpapar sinar matahari terlalu lama dan sering, seperti iritasi, muncul bintik hitam, bahkan sampai dampak yang paling bahaya adalah kanker kulit.

Sebagian besar tabir surya diformulasikan khusus untuk kulit wajah kering. Namun, ada juga produk tabir surya yang dibuat khusus untuk kulit wajah berminyak dan berjerawat. Untuk itu, Anda harus membaca label yang tertempel pada produk tersebut untuk mengetahui bahan-bahan yang digunakan. Tabir surya yang cocok untuk kulit berjerawat adalah tabir surya berbahan dasar air (water based).

Beberapa kandungan dalam tabir surya harus Anda hindari, seperti PABA atau benzophenone. Hal ini karena kandungan tersebut dapat mengiritasi kulit sehingga jerawat Anda bisa memerah dan terjadi peradangan. Oleh karena itu, hindari memilih kosmetik untuk wajah berjerawat berupa tabir surya dengan kandungan tersebut jika tidak ingin kondisi jerawat makin parah.

Cuci Peralatan Make Up secara Teratur

Dalam pengaplikasian make up, maka kita membutuhkan beberapa peralatan yang harus digunakan, seperti kuas, spons, sisir alis, dan lain sebagainya. Sebagian besar orang hanya memikirkan bagaimana memilih kosmetik yang tepat untuk jenis kulit. Tapi, memilih kosmetik untuk wajah berjerawat yang tepat tapi tidak dibarengi dengan peralatan make up yang bersih, maka akan sama saja. Bahkan, jerawat pun bisa muncul atau lebih parah.

Oleh karena itu, jangan malas untuk mencuci peralatan make up Anda secara teratur untuk menghindari kontaminasi bakteri yang bisa menyebabkan jerawat makin parah. Apalagi jika peralatan tersebut tidak disimpan sebagaimana mestinya. Jadi, kontaminasi bakteri sangat mungkin terjadi. Bahkan, bisa juga mengandung kotoran yang tidak baik untuk kebersihan kulit wajah Anda.

Dengan demikian, simpanlah peralatan make up ke dalam wadah khusus make up yang tertutup sehingga kecil kemungkinan terkontaminasi bakteri atau kotoran lainnya. Meski begitu, Anda tetap harus membersihkannya secara rutin dengan cara yang benar sebagai tips memilih kosmetik untuk wajah berjerawat. Pastikan jika setiap sisi peralatan tersebut sudah bersih dan higienis sehingga aman untuk dipakai.

Tidak Harus Berlapis

Untuk tampil cantik, banyak wanita yang menggunakan make up hingga berlapis-lapis, misalnya setelah menggunakan foundation, mereka menggunakan bedak cair, bedak tabur dan lain sebagainya hingga terkesan tebal. Make up seperti ini memang lebih awet dan tahan lama sehingga cocok untuk Anda yang beraktivitas seharian, tanpa perlu touch up yang berarti.

Namun, cara memilih kosmetik untuk wajah berjerawat ini tidak cocok bagi Anda yang memiliki kulit wajah berjerawat atau meradang. Penggunaan kosmetik berlapis-lapis setiap hari ini dapat memunculkan jerawat atau membuat wajah Anda justru memerah dan meradang. Oleh karena itu, hindari penggunaan kosmetik tebal dan berlapis seperti ini karena nantinya akan meninggalkan sisa make up yang bisa memicu munculnya jerawat.

Ada baiknya jika Anda menggunakan make up tipis. Selain aman untuk kulit wajah yang berjerawat, make up tipis ini juga menampilkan kesan alami dan natural dalam make up sehingga tidak terkesan berlebih. Anda pun akan terlihat lebih muda dibanding dengan menggunakan riasan yang berlapis-lapis.

Hentikan Pemakaian jika Tidak Cocok

Memiliki kulit berjerawat memang memaksa kita untuk lebih berhati-hati dan selektif dalam memilih make up. Tidak semua jenis make up akan cocok untuk kulit yang berjerawat. Jika salah memilih bisa-bisa kondisi jerawat akan semakin parah dan menimbulkan reaksi lain, seperti alergi atau wajah memerah. Untuk itu, pelajari tips memilih kosmetik untuk wajah berjerawat Anda.

Apabila dalam penggunaannya, Anda merasakan gatal, kulit memerah, bengkak dan jerawat makin banyak, maka segera hentikan pemakaiannya. Gejala tersebut bisa menjadi tanda bahwa kulit wajah Anda tidak cocok dengan produk kosmetik yang Anda gunakan. Meskipun produk tersebut diformulasikan khusus untuk kulit berjerawat, belum tentu juga cocok dengan kulit Anda.

Apabila gejala semakin parah, ada baiknya jika Anda berkonsultasi pada dokter kulit untuk mendapatkan penanganan yang tepat dan saat memilih kosmetik untuk wajah berjerawat. Jika gejala ini tidak segera diatasi, maka dapat menyebabkan kerusakan pada kulit wajah Anda, seperti jerawat batu atau kondisi yang lebih parah.

Penuhi Asupan Antioksidan untuk Kulit

Bukan hanya tubuh yang membutuhkan asupan nutrisi, kulit juga membutuhkannya agar sehat dan terlihat segar. Untuk itu, penuhilah asupan antioksidan melalui makanan, seperti sayuran dan buah-buahan segar setiap hari. Kedua makanan ini ternyata tidak hanya baik untuk kesehatan tubuh, tapi juga baik untuk kesehatan kulit Anda agar tidak terlihat pucat.

Meskipun kedua makanan tersebut sudah menyimpan banyak nutrisi, ada baiknya jika Anda melengkapi nutrisi tersebut dengan suplemen antioksidan yang mengandung astaxanthin. Pastikan jika Anda mengonsumsinya setiap hari agar kulit makin sehat sehingga terlihat lebih cerah, kenyal dan segar. Bahan tersebut juga bisa Anda dapatkan dengan memilih kosmetik untuk wajah berjerawat yang berasal dari bahan herbal.

Sekarang ini, semakin banyak kosmetik yang dibuat dari bahan alami sehingga lebih aman untuk semua jenis kulit. Selain aman, kosmetik herbal ini biasanya juga mengandung bahan-bahan yang baik untuk kulit agar lebih sehat. Hanya saja, Anda harus lebih selektif dalam memilih kosmetik, pastikan jika bahan yang terkandung dapat mengatasi jerawat pada kulit wajah Anda.

Itulah tadi informasi mengenai tips cerdas memilih kosmetik untuk kulit wajah berjerawat. Dengan banyaknya kosmetik yang beredar di pasaran, Anda harus memastikan bahwa kosmetik tersebut memang diformulasikan untuk kulit berjerawat. Jika perlu, libatkan dokter kulit Anda dalam memilih kosmetik untuk wajah berjerawat agar tidak menimbulkan masalah.

Baca juga :

Maklon Kosmetik

Tips memilih skincare yang aman

Tips memilih make up untuk tampil lebih muda

Tips cerdas memilih kosmetik untuk wajah berjerawat

Ide Peluang Usaha Kosmetik yang menguntungkan

Maklon Kosmetik terbaik

Perusahaan Maklon Kosmetik

Maklon Hijab Spray

Maklon Itu mudah

Pemilihan produk yang baik.

Kembali ke Menu

WhatsApp chat