13 Januari 2022 11:57 am

Rahasia Usaha Kosmetik di Kampung Laris Manis

Rahasia Usaha Kosmetik di Kampung Laris Manis
Ada yang penasaran bagaimana rahasia usaha kosmetik di kampung supaya laris manis? Sebagai pengusaha, kita memang perlu membekali diri dengan pengetahuan ini. Bukan untuk maksud jahat, tetapi ini dapat menjadi strategi marketing sekaligus upaya untuk mempertahankan keberlangsungan usaha itu sendiri.

Karena kita menjual produk kosmetik, tentu sasaran pasarnya lebih sempit daripada produk lain yang sifatnya general. Lebih lagi tempat usaha di perkampungan, yang potensinya tidak seperti bisnis kosmetik pada wilayah perkotaan.

Meskipun dengan tantangan sedemikian beratnya, bukan berarti kita tidak bisa meraup kesuksesan dari usaha kosmetik di kampung. Kunci yang harus Anda pegang erat adalah bagaimana melakukan promosi dan menarik minat wanita untuk berbelanja dan memakai produk yang Anda jual.

Sebelum lanjut membaca artikelnya, silahkan cari tahu tentang fakta menarik bisnis kosmetik.

Walaupun terkenal sebagai makhluk gila belanja, wanita juga terkenal pemilih dalam memberi produk. Untuk wanita yang tinggal di kampung rasanya akan lebih sulit. Anda harus merubah mindset mereka dan meyakinkan bahwa produk kecantikan itu perlu.

Tak sama layaknya di kota, wanita kampung cenderung jarang menggunakan riasan wajah dan skincare, sehingga menganggap produk ini hal yang tidak perlu. Supaya bisnis Anda laris manis, ada sejumlah rahasia yang perlu diketahui.

Penasaran apa saja rahasia tersebut? Berikut adalah penjelasan singkatnya. Simak, ya!

Rahasia Sukses Menjalankan Usaha Kosmetik di Kampung

-

Produk kosmetik hanya diperuntukkan kepada wanita. Baik itu ibu-ibu paruh usia ataupun anak-anak remaja. Untuk kasus di kampung, umumnya anak remaja yang cenderung menggunakan kosmetika daripada ibu-ibu.

Rata-rata ibu-ibu beranggapan bahwa tidak perlu lagi melakukan perawatan wajah, ataupun berdandan. Pekerjaan sehari-hari mereka terkadang turut menjadi alasan mengapa asumsi ini terus berkembang.

Tugas Anda sebagai penjual kosmetik adalah merubah mindset tersebut serta meyakinkan mereka bahwasanya merawat wajah itu perlu. Supaya usaha kosmetik di kampung yang Anda jalankan terus memiliki pelanggan, berikut kami bagikan sejumlah rahasianya. Simak ya!

1. Kenali Pola Belanja Wanita di Kampung

Hal pertama yang harus Anda ketahui adalah mengenal pola belanja mereka. Anda bisa melakukan riset terlebih dahulu guna membaca apa saja hal yang disukai dan tidak disukai oleh wanita-wanita di kampung.

Setelahnya, barulah Anda bisa menyusun strategi penjualan berdasarkan hasil riset pola kebiasaan belanja tadi. Secara umum, berikut adalah pola belanja kebanyakan wanita yang bisa menjadi referensi.

Pertama, ada wanita yang suka pada merek. Mereka yang pola seperti ini senang bila Anda memberikan banyak varian produk sehingga ia dapat memilih mana yang sesuai dengan seleranya.

Tipe kedua adalah wanita yang suka terhadap barang murah. Mereka dengan pola ini cenderung mengutamakan harga daripada kualitas produk itu sendiri. Tipe kedua ini biasanya selalu dibarengi dengan kesukaan terhadap diskon, big sale, dan berbagai promo lainnya.

Terakhir, adalah wanita yang suka membeli produk yang terlihat lucu dan menarik saja. Mereka cenderung membeli sesuatu yang menarik dari segi penampilan, dan cenderung menepikan apakah produk tersebut berfungsi baginya ataupun tidak.

Berdasarkan pola kebiasaan belanja inilah kemudian Anda bisa menyusun strategi usaha kosmetik di kampung. Jangan malas untuk melakukan riset, ya!

2. Posisikan Diri Sebagai Konsumen

Rahasia kedua yang perlu Anda kuasai adalah bagaimana Anda memberikan pelayanan kepada konsumen, serta kemampuan untuk menarik minat konsumen terhadap apa yang Anda jual.

Untuk itu, cobalah posisikan diri Anda sebagai pembeli, dan mulai menganalisa apa yang menjadi kebutuhan. Anda bisa mengelompokkan konsumen berdasarkan rentang usia. Anak remaja, ibu-ibu paruh baya, dan juga wanita lanjut usia.

Posisikan diri Anda menjadi masing-masing dari mereka, dan ketahui apa saja yang Anda butuhkan jika berada pada usia tersebut.

Setelah dua hal tadi Anda kerjakan dengan baik, mari kita lihat bagaimana perkembangan usaha kosmetik di kampung yang sedang Anda jalankan. Semoga membawa kabar yang baik, ya!

Saat Anda sudah memutuskan untuk memulai usaha kosmetik di kampung, jangan lupa untuk menghubungi makloncosmetics.id untuk membantu Anda memproduksi kosmetik yang akan Anda jual.


Blog Post Lainnya
Social Media
Telpon & WA
0812-5908-8445
0852-2519-5252
0831-0804-5000
Alamat
navalaboratori@gmail.com
Jl. Sugeng Jeroni No.54, Patangpuluhan, Wirobrajan, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55251
@2024 Industri Kosmetik | Maklon Minuman Kesehatan Inc.