27 Juli 2022 10:37 am

Apa Bedanya Body Butter dan Body Lotion?

Apa Bedanya Body Butter dan Body Lotion?
Banyak orang masih kebingungan apa bedanya body butter dan body lotion. Keduanya merupakan produk yang berbeda mulai dari fungsi, tekstur, waktu pemakaian dan kandungannya. Untuk itu, penting bagi Anda mengetahui perbedaannya agar tidak salah pilih saat mengaplikasikannya.

Pengertian Body Butter dan Body Lotion


Seperti namanya, produk body butter mempunyai tekstur yang lebih pekat sehingga hampir sama layaknya mentega pada umumnya. Biasanya memiliki kandungan berbagai bahan untuk melembabkan seperti minyak zaitun, minyak kelapa dan shea butter sehingga Anda bisa menggunakannya tiap hari.

Body butter menjadi pilihan yang tepat jika Anda memiliki tipe kulit yang sangat kering. Mengingat bahwa kebanyakan kandungan di dalamnya memang bersifat untuk melembabkan kulit. Sedikit berbeda dengan body lotion karena tekstur lebih ringan dan kandungan minyaknya tidak begitu banyak.

Dengan begitu, kelembaban dari body lotion pun tidak bisa bertahan lama. Jadi untuk mempertahankannya, Anda perlu mengoleskannya berkali-kali agar benar-benar terasa lembab. Waktu pemakaiannya dapat di pagi maupun siang hari sesuai kebutuhan kulit masing-masing.

Baca juga : Body Care Memutihkan

Ciri-Ciri Body Butter dan Body Lotion


Body butter sendiri adalah salah satu produk perawatan kulit tubuh yang pemakaiannya bisa saja berbeda-beda tergantung dengan kondisi tiap kulit penggunanya. Manfaatnya yakni berfokus untuk menghidrasi dan melembabkan kulit sehingga kandungan di dalamnya lebih banyak berupa natural oil.

Dalam pemakaian body butter ini harus Anda gunakan secara tepat agar bisa mendapatkan manfaat secara maksimal. Sepintas apabila dibandingkan dengan body lotion memang hampir mirip namun ciri utamanya yakni berada pada kandungan utamanya lebih banyak mengandung minyak alami.

Sementara body lotion memang bisa Anda andalkan untuk membuat kulit menjadi lebih lembab. Namun fungsi ini tidak bisa sekuat body butter karena kandungan di dalamnya. Selain itu dalam pemakaiannya harus lebih dari satu kali agar mampu memberikan kelembaban dalam waktu lama.

Tekstur Body Butter dan Body Lotion

id.pinterest.com by etsy.com
id.pinterest.com by etsy.com

Sesuai dengan namanya, body butter ini memiliki tekstur yang mirip seperti butter atau mentega. Produk ini memiliki kandungan berbagai bahan pelembab utamanya minyak alami. Misalnya minyak kelapa, shea butter dan minyak zaitun sehingga menciptakan cairan lebih pekat daripada body lotion.

Dengan begitu, Anda hanya perlu mengaplikasikan produk body butter cukup sekali saja karena teksturnya yang sudah pekat. Apabila mengoleskannya berkali-kali justru memberikan efek berat pada permukaan kulit dan lebih lama untuk menyerap ke dalam kulit.

Sementara body lotion memiliki tekstur yang lebih ringan sehingga akan mudah terserap ke dalam kulit sesaat Anda mengaplikasikannya. Dengan begitu, meskipun harus mengoleskannya berkali-kali tentu bukan menjadi masalah karena tidak butuh waktu lama menyerap ke kulit.

Baca juga : Body Scrub Terbaik

Jenis Kulit yang Cocok untuk Body Butter dan Body Lotion


Sebenarnya pemakaian body butter dan body lotion pun bisa Anda gunakan untuk semua jenis kulit. Namun harus kembali lagi menyesuaikan kondisi kulit dengan bahan aktif di dalamnya. Sebenarnya produk ini sangat baik dalam menjaga kelembaban dan memberikan nutrisi tambahan pada kulit.

Misalnya bagi pemilik jenis kulit kering maka bisa memilih produk dengan kandungan yang ekstra melembabkan. Contohnya yakni alpukat karena mengandung antioksidan tinggi, vitamin A, C dan E sehingga sangat baik untuk melembabkan.

Lain halnya bagi pemilik kulit yang sangat kering hingga terlihat bersisik dan kasar. Anda bisa memilih produk dengan kandungan shea butter, virgin coconut oil and origin. Ketiga komposisi tersebut mampu memperbaiki skin barrier dan menjaga kelembaban dengan baik.

Tentu ada banyak produk yang bisa Anda andalkan untuk memberikan nutrisi tambahan bagi kesehatan kulit seperti halnya mengetahui dulu apa bedanya body butter dan body lotion sebelum mengaplikasikannya. Dapatkan informasi menarik lainnya melalui makloncosmetics.id.
Blog Post Lainnya
Social Media
Telpon & WA
0812-5908-8445
0852-2519-5252
0831-0804-5000
Alamat
navalaboratori@gmail.com
Jl. Sugeng Jeroni No.54, Patangpuluhan, Wirobrajan, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55251
@2024 Industri Kosmetik | Maklon Minuman Kesehatan Inc.