10 Maret 2022 10:18 am

Cara Cek Barcode Skincare Ori yang Wajib Anda Ketahui

Cara Cek Barcode Skincare Ori yang Wajib Anda Ketahui
Kalau mau beli produk skincare, jangan sembarangan ya! Anda harus memastikan dulu produk tersebut benar-benar asli supaya aman untuk digunakan. Bagaimana cara mengetahui keaslian skincare? Anda bisa memanfaatkan barcode yang tertera pada setiap kemasan. Cara cek barcode skincare ori tidak begitu rumit.

Anda bisa memanfaatkan website ataupun aplikasi yang memang dirancang untuk melakukan pengujian keaslian skincare. Sebisa mungkin Anda harus menghindari penggunaan skincare palsu atau tiruan. Karena akan membahayakan bagi kesehatan kulit wajah Anda nantinya.

Sekarang ini, ada banyak sekali produk tiruan yang beredar, khususnya skincare dari brand-brand ternama. Produk tiruan sudah dapat dipastikan tidak punya izin dari BPOM. Yang menjadi permasalahan adalah, produk tiruan terlihat identik dengan produk aslinya.

Mulai dari kemasan, aroma, tekstur, ukuran semuanya terlihat sama. Bahkan harganya juga tidak jauh berbeda. Supaya terhindar dari skincare palsu, kita perlu berhati-hati dan mengetahui bagaimana cara cek keaslian skincare.

Mulai dari sekarang, sebelum memutuskan beli skincare baru, pastikan Anda sudah menerapkan cara cek barcode skincare ori berikut ini ya!

Cara Cek Barcode Skincare Ori dari Website dan Aplikasi


Cara cek barcode skincare ori tidaklah rumit. Ada banyak media yang bisa Anda manfaatkan. Berikut kami informasikan beberapa cara cek barcode skincare yang bisa Anda coba.

1. Website Resmi BPOM RI

Pertama, Anda bisa memanfaatkan situs resmi milik BPOM RI. Sebagai badan atau lembaga yang mengurusi persoalan izin edar dan keamanan produk, BPOM turut menyediakan wadah bagi konsumen melakukan pengujian mandiri. Websitenya adalah https://cekbpom.pom.go.id/.

Anda bisa melakukan pencarian berdasarkan kategori-kategori tertentu. Mulai dari nomor registrasi, nama produk, merek, bentuk sediaan, komposisi dan nama pendaftarnya. Pilih salah satu kategori tadi, lalu mulai lakukan pencarian berdasarkan kata kunci.
-

Anda bisa menggunakan nama merek sebagai kata kunci. Apabila produk tersebut benar ori, situs akan menampilkan informasi detail. Seperti nomor registrasi, tanggal terbit dan detail lainnya. Kalau sudah begini, produk skincare pasti terdaftar pada BPOM RI, dan pastinya ori.

Bagaimana apabila detail produk tidak tampil pada situs BPOM RI? Anda perlu berhati-hati. Bila perlu, batalkan saja niat untuk membeli skincare tersebut karena belum terdaftar BPOM. Sehingga tidak ada jaminan apakah produknya asli atau tiruan.

2. Aplikasi BPOM RI

Cara cek barcode skincare ori juga bisa Anda lakukan dengan aplikasi BPOM RI. Demi memberikan kemudahan bagi setiap konsumen, BPOM turut menghadirkan aplikasi mobile yang bermanfaat untuk menguji keaslian skincare.

Langkah pertama, silahkan unduh dan install aplikasi BPOM Mobile. Pada halaman utama, ada empat menu yang tampil. Menu scan produk, pengaduan, cek izin edar dan menu yang berisikan berita terkini.

Karena kita ingin mengetahui keaslian skincare, maka pilih menu scan produk. Arahkan kamera ponsel Anda ke barcode yang terdapat pada bagian kemasan. Tunggu beberapa saat sampai aplikasi menampilkan informasi hasil pencarian.

Apabila aplikasi tidak memunculkan informasi yang Anda harapkan, coba lakukan pengujian sekali lagi melalui website. Barangkali barcode tidak terbaca dengan baik sehingga informasi tidak tampil seutuhnya.

Sekarang, sudah tahu kan bagaimana cara cek skincare ori atau tidak. Pastikan Anda mengingat informasi ini dengan baik ya. Pada saat membeli skincare, jangan mudah tergiur dengan brand atau harga yang murah.

Berusahalah menjadi konsumen yang selektif dengan memperhatikan detail-detail penting seperti keamanan dan keaslian. Semoga ulasan tentang cara cek barcode skincare ori ini menambah wawasan kita bersama, ya!

Jika Anda tertarik untuk memulai bisnis skincare, pastikan Anda memilih maklon kosmetik yang tepat ya. Dimana produk skincare tersebut bisa dipertanggungjawabkan keasliannya dan bersertifikat resmi BPOM RI.

Baca juga :

Blog Post Lainnya
Social Media
Telpon & WA
0812-5908-8445
0852-2519-5252
0831-0804-5000
Alamat
navasinergi@gmail.com
Jl. Sugeng Jeroni No.54, Patangpuluhan, Wirobrajan, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55251
@2024 Industri Kosmetik | Maklon Minuman Kesehatan Inc.