24 Maret 2023 8:33 pm

Serum untuk Kulit Berminyak dan Berjerawat

Serum untuk Kulit Berminyak dan Berjerawat
Dalam memilih produk skincare memang harus menyesuaikan dengan kebutuhan masing-masing kulit termasuk juga skin type. Pemilihan serum untuk kulit berminyak dan berjerawat harus teliti agar tidak salah pilih atau bahkan menyebabkan breakout sehingga menjadi masalah baru.

Penyebab Kulit Berminyak dan Berjerawat


-

Kulit berminyak adalah jenis kulit yang terjadi akibat kelenjar sebasea mampu memproduksi sebuksi terlalu banyak. Produksi secara berlebihan ini akan membuat wajah terlihat berkilau dan mengkilap. Ada berbagai faktor bisa menyebabkannya, pertama adalah faktor genetik atau keturunan keluarga.

Selain itu faktor usia juga menjadi salah satu pengaruhnya. Bahkan kelenjar sebasea akan memproduksi sebum hingga 5 kali lebih banyak ketika memasuki masa pubertas. Namun seiring dengan bertambahnya umur, kulit akan kehilangan kolagen sehingga muncul tanda-tanda penuaan.

Pori-pori kulit yang membesar juga menjadi salah satu penyebab kulit berminyak. Hal ini karena kelenjar sebasea akan menghasilkan sebum secara alami lebih banyak. Bahkan kondisi seperti ini ikut menyebabkan timbulnya jerawat akibat menumpuknya kotoran dan debu di dalam kulit.


Baca juga : Cara memakai serum

Bahan Aktif yang Diperlukan untuk Kulit Berminyak dan Berjerawat


Ada beberapa bahan aktif yang mampu mengatasi masalah pada kulit berminyak dan berjerawat terutama untuk mengecilkan pori-pori. Apabila salah memilih, hanya akan membuat jerawat justru semakin parah dan meradang.

1. Hyaluronic Acid


Pertama adalah adanya hyaluronic acid yang memiliki fungsi untuk menjaga kelembaban kulit. Masih banyak orang menganggap jika skin type berminyak tidak harus melembabkan lagi. Padahal hal ini adalah asumsi keliru.

Kulit berminyak masih membutuhkan produk yang berfungsi untuk melembabkan kulit. Namun pilih serum tanpa kandungan sebum di wajah. Anda bisa memilih hyaluronic acid dengan fungsi mengikat air di dalam jaringan tanpa menambah minyak.

2. Ceramide


Zat aktif ini cocok bagi pemilik kulit berminyak dan berjerawat. Ceramide akan bekerja untuk menjaga kelembaban wajah. Selain itu, banyak klaim menunjukkan jika kandungan ini berperan melindungi skin barrier.

Ceramide akan bekerja untuk melindungi lapisan kulit sehingga kotoran tidak mudah masuk sehingga menyumbat pori-pori hingga akhirnya menimbulkan jerawat baru. Terlebih lagi kandungan ini juga aman bagi pemilik kulit sensitif.

3. Tea Tree Oil


Terakhir yakni adanya kandungan tea tree oil yang sangat menjadi andalan bagi pemilik kulit berjerawat. Bahan aktif ini juga sedang naik daun sebagai komposisi produk skincare untuk mencegah jerawat.

Serum dengan kandungan tea tree oil memang umumnya menjadi salah satu komposisi dalam produk bagi pemilik skin type acne prone skin. Bahan aktif ini berperan untuk membunuh kuman penyebab jerawat tanpa menambah produksi minyak berlebih.

Tips Memilih Serum Kulit Berminyak dan Berjerawat


-

Ada beberapa tips yang bisa Anda lakukan pada saat memilih serum kulit berminyak selain memperhatikan kandungan aktifnya. Pertama adalah pastikan bahwa teksturnya tidak akan membuat produksi minyak berlebihan sehingga hanya berfungsi untuk menjaga kelembaban tanpa menambah.

Pilih serum yang memiliki kandungan AHA karena mampu mengecilkan pori-pori sebagai salah satu penyebab kulit berminyak. Selain itu juga berfungsi untuk memperbaiki skin barrier akibat bekas jerawat dan bopeng.

Pilihlah serum dengan oil balancing sehingga mampu memproduksi minyak berlebihan. Salah satu zat aktif yang berperan dalam fungsi ini adalah asam linoleate karena bisa mengendalikan produksi sebum. Tentu saja jangan memilih produk dengan kandungan mineral oil terlalu banyak.

Produk serum untuk kulit berminyak dan berjerawat sebenarnya juga cukup banyak. Namun Anda harus tetap menyesuaikan kebutuhan kulit agar tidak salah pilih. Pastikan jika kandungan aktif di dalamnya benar-benar sesuai guna menyembuhkan masalah kulit yang ada.
Pemelihan serum untuk kulit dan berminyak harus Anda perhatikan agar tidak menyebablam masalah baru pada kulit. Tentu akan disayangkan jika membeli produk ini dengan harga relatif mahal namun tidak membuahkan hasil. Jika tertarik untuk membelinya, kunjungi makloncosmetics.id karena tersedia beragam sesuai kebutuhan kulit.
Blog Post Lainnya
Social Media
Telpon & WA
0812-5908-8445
0852-2519-5252
0831-0804-5000
Alamat
navalaboratori@gmail.com
Jl. Sugeng Jeroni No.54, Patangpuluhan, Wirobrajan, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55251
@2024 Industri Kosmetik | Maklon Minuman Kesehatan Inc.