28 April 2023 9:52 pm

Cara Membuat Serum dengan Mudah

Cara Membuat Serum dengan Mudah
Ketika membandingkan dengan produk lainnya, Anda bisa mengatakan bahwa pemakaian serum merupakan langkah penting karena memberikan efek cukup efektif. Cara membuat serum pun dapat orang-orang lakukan sendiri sekaligus menyesuaikan komposisi pada masalah kulit masing-masing.

Bagi Anda yang ingin mengetahui cara pembuatan serum namun tidak tahu cara bagaimana proses dari awal sampai akhir, maka bisa langsung menggunakan jasa makloncosmetics.id. Cukup melakukan kerjasama saja dan segala proses akan terlayani oleh jasa mulai dari penyiapan bahan, proses pembuatan, dan finishing.

Pentingnya Pemakaian Serum


-

Serum wajah adalah salah satu produk skincare yang bertekstur ringan dan bebas minyak. Dengan kandungannya berupa zat aktif seperti mineral, vitamin hingga antioksidan membuatnya sangat mudah untuk masuk ke lapisan kulit terdalam. Berikut pentingnya pemakaiannya

1. Menjaga Kelembaban


Kandungan antioksidan yang ada di dalam serum bermanfaat untuk menjaga kelembaban kulit. Namun sebenarnya ada beberapa perbedaan mendasari antara produk ini dengan pelembab karena kandungan bahan aktifnya lebih tinggi.

Jangan mengira bahwa fungsi menjaga kelembaban hanya berguna bagi pemilik kulit kering saja. Padahal pemakaian serum juga baik untuk skintype berminyak guna mengontrol kelembaban tanpa menghasilkan sebum berlebihan.

2. Mencegah Tanda-Tanda Penuaan Dini


Penuaan dini umumnya muncul karena efek dari sinar UV sehingga memicu timbulnya garis-garis halus, keriput, noda hitam dan lainnya. Pemakaian serum pun bisa menjadi salah satu solusi untuk mencegah tanda-tanda seperti ini.

Pasalnya dengan memakai serum akan berguna untuk memperbaiki kerusakan karena paparan sinar UV dan masalah akibat menumpukya sel kulit mati. Noda hitam pada kulit wajah juga tersamarkan karena beberapa kandungan dalam serum seperti vitamin E dan niacinamide.

Sebelum mengetahui lebih jauh cara membuat serum, alangkah baiknya kalian mengetahui atau mempelajari cara memakai serum, untuk menambah pengetahuan anda.

Cara Membuat Serum dari Kandungan Tertentu


-

Ada beberapa cara membuat serum dengan kandungan tertentu yang bisa Anda tiru sehingga memungkinkan untuk menggunakan bahan alami. Tentu bukan menjadi masalah jika ingin mencobanya asalkan seluruh komposisinya aman meskipun daya tahannya tidak cukup lama.

1. Tea Tree Oil


Tea tree oil terkenal akan kemampuannya melawan bakteri untuk melawan peradangan pada kulit. Secara khusus, kandungan minyak satu ini mampu menangkal P. acnes dan S. epidermis sebagai bakteri penyebab timbulnya jerawat. Berikut cara membuatnya dengan mudah cukup di rumah:

  • Siapkan satu tetes tea tree oil
  • Campurkan dalam 1 sendok teh minyak tambahan
  • Celupkan serum jerawat dengan kapas
  • Oleskan langsung ke jerawat meradang

2. Minyak Esensial


Bahan berikutnya yang juga bisa Anda manfaatkan untuk membuat serum jerawat adalah minyak esensial. Pasalnya zat aktif ini efektif bersifat anti inflamasi dan anti bakteri sehingga mampu mengatasi jerawat dalam waktu singkat. Sumbernya pun beragam mulai dari kayu manis, cengkeh hingga mawar.

  • Siapkan sebanyak 10 tetes minyak esensial
  • Campurkan dengan 30 ml minyak tambahan
  • Celupkan serum jerawat dengan kapas
  • Oleskan langsung ke jerawat yang meradang


3. Teh Hijau


Teh hijau tidak hanya bagus untuk kesehatan namun juga memiliki beberapa antioksidan seperti tannin dan flavonoid. Fungsinya akan bekerja sebagai penangkal bakteri penyebab timbulnya jerawat. Selain itu juga mengandung EGCG tinggi untuk membantu peradangan dan mengurangi sebum.

  • Seduh teh hijau dengan air mendidih
  • Biarkan teh sampai dingin
  • Tuangkan serum jerawat dari teh hijau dengan bola kapas
  • Semprotkan dengan botol semprot
  • Biarkan hingga 10 menit
  • Bilas wajah menggunakan air sampai bersih
  • Oleskan 1 hingga 1 kali dalam 1 hari
  • Simpan dalam kulkas agar awet

Cara membuat serum nyatanya bisa Anda lakukan sendiri di rumah dengan sangat mudah. Pastikan untuk melakukannya secara steril sehingga tetap aman pada saat mengaplikasikannya ke wajah. Pilihlah salah satu kandungan aktif guna mengatasi masalah wajah mulai dari jerawat sampai kusam.
Blog Post Lainnya
Social Media
Telpon & WA
0812-5908-8445
0852-2519-5252
0831-0804-5000
Alamat
navalaboratori@gmail.com
Jl. Sugeng Jeroni No.54, Patangpuluhan, Wirobrajan, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55251
@2024 Industri Kosmetik | Maklon Minuman Kesehatan Inc.