5 Oktober 2022 10:16 am

Beberapa Hal yang Perlu Diketahui Tentang Produk Sunscreen

Beberapa Hal yang Perlu Diketahui Tentang Produk Sunscreen
Pernahkah terpikirkan cara terbaik untuk melindungi kulit dari paparan sinar matahari? Jawabannya yaitu dengan menggunakan produk sunscreen. Keberadaannya sangat penting sehingga wajib untuk membawanya apalagi jika Anda memiliki banyak aktivitas di luar ruangan.

Mengenal Tentang Sunscreen


Bagi sebagian besar orang tentu saja sudah tidak asing lagi dengan produk sunscreen bukan? Ini adalah sebuah produk yang banyak penggunaannya saat ini.

Berbagai macam produk sunscreen bisa bermanfaat untuk melindungi kulit dari paparan sinar matahari dan UV tentunya akan sangat membahayakan kesehatan. Ini digunakan sebagai skincare wajib pada setiap produk perawatan.

Selain melindungi kulit wajah dari sinar UV dan radiasi, sunscreen juga memiliki peranan penting dalam menjaga kelembaban kulit sepanjang hari. Jangan begitu maka tidak akan mudah terserang berbagai macam gangguan kulit.

Jenis- Jenis Sunscreen Terbaik

id.pinterest.com by heinens.com
id.pinterest.com by heinens.com

Pada dasarnya fungsi terpenting sunscreen yaitu melindungi permukaan kulit. Tapi tahukah Anda bahwa terdapat 3 jenis yaitu chemical sunscreen, physical sunscreen, serta hybrid sunscreen. Berikut ini penjelasannya secara detail.

1. Chemical Sunscreen


Chemical sunscreen merupakan salah satu jenis produk tabir surya ringan dan tidak menimbulkan efek keputihan pada kulit ketika menggunakannya. Pada umumnya akan bekerja kurang lebih 15 hingga 20 menit setelah pemakaian.

Jenis ini memiliki beberapa kandungan seperti avobenzone, aminobenzoic, dan masih banyak lagi. Produk sunscreen tersebut sangat cocok untuk penggunaan terutama dalam mengatasi permasalahan kulit berminyak/ kusam.

2. Physical Sunscreen


Physical sunscreen sangat cocok bagi Anda yang memiliki masalah seperti kulit cepat kering dan sensitif. Kandungan seperti zinc dan titanium ternyata mampu memantulkan sinar matahari dari kulit sehingga dapat tetap terjaga. Selain itu, membuat kondisinya semakin lembab.

Jenis ini sama seperti sunscreen kebanyakan, yaitu pemakaiannya hanya ketika kulit mulai terasa kering. Penggunaan yang terlalu sering juga tidak baik karena bisa menyebabkan potensi menimbulkan berbagai bermasalah kulit seperti iritasi dan sebagainya.

3. Hybrid Sunscreen


Hybrid Sunscreen merupakan kombinasi dari dua jenis penjelasannya sebelumnya. Teksturnya ringan dan tentu membuat kulit lebih bersih dan terlindungi dari paparan sinar matahari. Penggunaannya juga harus berkala, tidak terlalu sering karena akan menimbulkan resiko seperti kulit mudah iritasi.

Ini menjadi salah satu jenis produk sunscreen populer. Konon katanya bisa lebih bagus di dalam merawat kulit dari berbagai macam gangguan.


Memahami Tingkatan SPF beserta Penjelasannya

id.pinterest.com by es.pngtree.com
id.pinterest.com by es.pngtree.com

SPF atau Sun Protection Factor merupakan ukuran waktu untuk mengetahui seberapa lama sinar UVB memberikan efek terbakar pada kulit. Ketika nilai SPF pada sunscreen lebih besar, maka durasinya juga akan meningkat (1 SPF= 10 menit). Berikut beberapa tingkatannya.

1. SPF 10

Jenis ini merupakan yang paling umum dalam penggunaan sehari-hari. Ini waktu perlindungan selama 100 menit. Selain itu jenis ini juga mampu menahan hingga 90% radiasi sinar UVB yang langsung mengenai permukaan kulit.

2. SPF 15

Jenis ini memiliki waktu proteksi terhadap permukaan kulit selama 150 menit (2,5 jam) saat menggunakannya. Selain itu juga mampu menahan hingga 93% radiasi UVB oleh pancaran sinar matahari.

3. SPF 30

Sunscreen jenis ini biasanya memiliki waktu proteksi selama 300 menit (5 jam) lamanya. SPF 25 mampu memberikan perlindungan hingga 95% dari radiasi UVB dari pantulan sinar matahari. Jenis ini juga termasuk ke dalam salah satu yang paling banyak dipakai masyarakat.

4. SPF 50

Sejauh ini, sunscreen dengan SPF 50 merupakan yang terbaik, dengan waktu proteksi selama 8 jam lebih. Jenis ini mampu menahan hingga 98% radiasi sinar UVB oleh pantulan sinar matahari secara langsung.

Sehingga penting untuk Anda melakukan re apply sunscreen agar kulit tetap terlindungi dari ancaman sinar UVA dan UVB.

4 Hal Penting Saat Memilih Produk Sunscreen


Sebelum memilih produk sunscreen apa yang akan Anda beli, alangkah baiknya melihat beberapa spesifikasi terlebih dahulu. Hal ini perlu untuk menghindari resiko buruk. Berikut beberapa pertimbangan mendasar sebelum membeli produk tersebut.

1. SPF Minimal 30. Terdapat jenis sunscreen dengan ukuran SPF yang berbeda. Akan tetapi lebih baik memilih yang minimal 30, ini karena proteksinya terhadap sinar UVB akan lebih lama ketimbang yang lainnya.

2. Broad Spectrum Secara sederhana, broad spectrum merupakan modelan dalam sunscreen yang dapat melindungi kulit baik dari pancaran sinar UVA ataupun UVB. Terkadang ada juga beberapa jenis sunscreen yang hanya memiliki satu fungsi saja.

3. Water Resistant Water resistant berfungsi sebagai penanda bahwa sunscreen dapat tetap menempel pada kulit meskipun terkena air untuk waktu tertentu. Pada umumnya jangka waktu water resistant pada produk ini yaitu 40 hingga 80 menit.

4. Protection Grade (PA) Label ini menunjukan seberapa kuat proteksi sunscreen terhadap kulit karena paparan sinar UVA. Biasanya tertuang dengan tanda +, semakin banyak jumlahnya, maka memiliki tingkat perlindungan sangat tinggi.

Cara Bisa Buat Sunscreen di makloncosmetics.id

-

Bagi Anda yang ingin membuat produk sunscreen namun tidak tahu cara membuatnya, maka bisa menggunakan perantara jasa pembuatan kosmetik bernama maklon. Tinggal membuat kesepakatan, kemudian perusahaan melakukan semuanya mulai dari menyediakan bahan baku hingga finishing.

Pengolahan produk sunscreen di tempat ini menggunakan bahan alami yang tentu saja sangat aman dalam penggunaannya. Sebelum beredar di pasaran, produk akan melalui proses pengecekan dan penelitian oleh para ahli hingga statusnya layak edar.

Itulah tadi penjelasan mengenai produk sunscreen dan tips sebelum membelinya. Bagi Anda yang ingin terlihat percaya diri tanpa mengalami masalah kulit seperti mudah berkeringat dan kusam, maka sunscreen adalah jawabannya.

Blog Post Lainnya
Social Media
Telpon & WA
0812-5908-8445
0852-2519-5252
0831-0804-5000
Alamat
navalaboratori@gmail.com
Jl. Sugeng Jeroni No.54, Patangpuluhan, Wirobrajan, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55251
@2024 Industri Kosmetik | Maklon Minuman Kesehatan Inc.