19 Oktober 2022 10:18 am

Wajib Mengetahui Apa Bedanya Sunscreen dan Sunblock

Wajib Mengetahui Apa Bedanya Sunscreen dan Sunblock
Sunscreen dan sunblock merupakan skincare yang memiliki fungsi dalam perlindungan sinar UV. Namun ternyata dari keduanya memiliki perbedaan cukup mencolok. Lalu apa bedanya sunscreen dan sunblock? Hal tersebut akan dibahas pada kesempatan kali ini.

Bedanya Sunscreen dan Sunblock


Telah Anda ketahui kedua skincare ini memiliki fungsi yang sama ialah untuk menjaga kulit dari paparan sinar UV yang membahayakan. Namun keduanya memiliki perbedaan yang wajib Anda ketahui. Berikut ini penjelasannya mengenai bedanya sunscreen dan sunblock.

1. Kandungan Zat dan Senyawa Aktif di Dalamnya


Senyawa yang terkandung dalam sunscreen ialah oxybenzone atau avobenzone. Kedua bahan aktif yang terkandung dalam skincare ini bisa memicu alergi bagi pengidap PABA (Asam para aminobenzoic).

Bahan yang ada dalam sunblock ialah titanium oksida atau seng oksida. Kedua senyawa yang ada di dalam skincare ini membuat Anda kesulitan dalam meratakannya saat mengoleskannya ke seluruh permukaan kulit.

2. Cara Kerja dalam Melindungi Kulit


Cara kerja pada sunscreen ialah menangkal sinar UV yang akan menembus kulit sehingga tidak bisa mencapai lapisan kulit. Namun skincare ini hanya sebatas melindungi kulit dari sinar UV saja. Produk tersebut biasanya Penggunaan hanya pada sebatas kulit wajah saja.

Sementara itu, cara kerja sunblock dengan cara menghalau atau memantulkan sinar matahari dari kulit. Hal ini karena terdapat kandungan zat titanium dioksida atau seng oksida di dalamnya. Oleh karena itu, sunblock bisa bekerja lebih efektif daripada produk sunscreen.


Perbedaan Sunscreen dan Sunblock

id.pinterest.com by realsimple.com
id.pinterest.com by realsimple.com

Masing-masing dari skincare ini memiliki kelebihan dan kekurangan. Hal ini wajar karena keduanya memiliki fungsi yang sama tetapi zat yang terkandung di dalamnya berbeda. Simaklah infonya berikut ini.

1. Sunscreen


Kelebihan yang dimiliki sunscreen ialah pada teksturnya yang bisa bening dan tidak pekat sehingga mudah saat pengaplikasiannya. Produk sunscreen juga akan membantu dalam membuat kulit tidak tampak memiliki minyak karena kandungan oil control di dalamnya.

Selain kelebihan di atas sunscreen juga memiliki kelemahan yaitu dalam perlindungan sunscreen masih lemah daripada sunblock. Bahan yang terkandung di dalamnya juga tidak efektif setelah pemakaian yang cukup lama.

2. Sunblock


Kelebihan sunblock ialah pada pencegahan kulit terbakar yang lebih efektif. Ketahanannya juga lebih lama daripada dengan sunscreen. Selain itu, produk ini juga tidak akan menimbulkan iritasi sehingga aman dalam penggunaannya.

Sementara itu, pada sunblock adalah bisa membuat kulit yang penuh dengan bercak-bercak putih karena memiliki konsistensi yang tebal. Pengaplikasiannya juga sedikit susah bahkan dapat menumpuk menyebabkan gumpalan karena teksturnya yang sedikit lengket.

Lebih Bagus Mana Sunscreen Vs Sunblock?


Beraktivitas di siang hari pada saat cuaca terik adalah hal yang sangat menyebalkan bagi sebagian orang. Hal ini karena sinar matahari bisa membahayakan kulit bahkan membuat kulit kusam. Namun jangan khawatir karena saat ini kita telah mengenal sunscreen dan sunblock.

Keduanya mempunyai berbagai macam kelebihan dan kekurangan seperti penjelasan di atas. Lalu baik mana? Sunblock atau Sunscreen? Pada dasarnya keduanya sangat recommended untuk penggunaan sehari-hari. Akan tetapi bisa menyesuaikan dengan kebutuhan.

Apabila untuk sekedar aktivitas sehari-hari yang tidak terlalu terpapar sinar matahari secara langsung maka bisa mengaplikasikan sunscreen. Akan tetapi jika kegiatan yang Anda lakukan memberi peluang terpapar sinar matahari langsung maka gunakanlah Sunblock.

Jadi Lebih Suka Pakai yang Mana? Sunblock atau Sunscreen?


Di antara sunblock dan sunscreen ternyata mempunyai berbagai macam kelebihan bukan? Lalu Menurut Anda bagaimana apakah lebih suka menggunakan sunblock atau sunscreen.

Sebenarnya keduanya sama-sama baik dan bermanfaat untuk melindungi dari sinar UV. Anda bisa menyesuaikan penggunaannya dengan kebutuhan dan aktivitas sehari-hari.

Misalnya saja sedang berada di pantai maka sebaiknya gunakanlah sunblock ke seluruh tubuh dan muka secara merata mengingat suhu di area pantai cukup panas. Anda juga bisa mengkombinasikan sunscreen untuk wajah.

Kenapa Harus Memilih Produk Sunscreen dan Sunblock di Maklon Kosmetik

id.pinterest.com by heinens.com
id.pinterest.com by heinens.com

Pada saat ini Ada banyak toko kosmetik yang menjual berbagai macam jenis produk sunscreen maupun sunblock. Akan tetapi tidak semua produk tersebut memiliki kualitas yang bagus. Lalu bagaimana cara membedakannya?

1. Langkah Mudah dapat Produk Berkualitas


Untuk bisa mendapatkan produk sunscreen maupun sunblock berkualitas maka Anda dapat membuatnya sendiri di perusahaan maklon kosmetik. Ini menjadi salah satu perusahaan terbesar di Indonesia yang menawarkan jasa pembuatan kosmetik terbaik.

Melalui maklon kosmetik maka bisa memilih bahan berkualitas yang akan menjadi komponen dalam skincare. Tentu saja ini lebih aman karena sudah mengantongi izin resmi dari BPOM maupun sertifikat halal dari MUI.

2. Tips Dari Maklon Kosmetik


Sunscreen dan sunblock memiliki perbedaan pada kandungan zat yang ada di dalamnya. Kandungan zat pada keduanya bisa dilihat dari teksturnya. Sunscreen memiliki bermacam senyawa kimia yang berfungsi menyerap sinar matahari.

Sunscreen dan sunblock juga perbedaan pada cara kerjanya. Meski keduanya memiliki fungsi dalam perlindungan kulit dari sinar UV namun tidak bisa dipungkiri jika keduanya memiliki mekanisme kerja yang berbeda.

Setelah mengetahui informasi bedanya sunscreen dan sunblock di atas maka jangan salah dalam memilih kedua skincare ini. Informasi tersebut bisa membantu Anda dalam menentukan kedua tabir surya ini.

Apabila ingin tertarik untuk membuat produk kosmetik untuk sendiri maupun menjualnya sebagai produk Anda, maka jangan lupa untuk membuatnya di maklon kosmetik. Ini adalah tempat pembuatan kosmetik berkualitas dengan harga murah terjangkau.

Blog Post Lainnya
Social Media
Telpon & WA
085777723213
Alamat
navalaboratori@gmail.com
Jl. Sugeng Jeroni No.54, Patangpuluhan, Wirobrajan, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55251
@2024 Nava Laboratori Group Inc.