5 November 2022 10:20 am

Sunscreen Untuk Bekas Jerawat

Sunscreen Untuk Bekas Jerawat
Jerawat merupakan salah satu masalah yang tidak mengganggu setiap orang. Selain mengganggu produktivitas, jerawat membuat rasa percaya diri ketika berada di luar ruangan berkurang. Salah satu cara untuk menghilangkan bekas jerawat yaitu menggunakan sunscreen untuk kulit berjerawat.

Mengenal Jenis-Jenis Bekas Jerawat


Setiap orang tentu menginginkan memiliki permukaan kulit halus tanpa adanya noda. Namun kemunculan jerawat tidak bisa terduga karena dapat kapan datangnya. Ada beberapa jenis bekas jerawat dan memiliki cara treatment yang berbeda-beda. Berikut penjelasannya.

1. Atrophic Scars


Bekas jerawat yang satu ini pada umumnya memiliki bentuk lekukan. Ini biasanya terjadi akibat adanya goresan. Selain itu, kolagen yang berperan dalam upaya untuk menutup bekas jerawat juga menjadi faktor timbulnya bekas jerawat tersebut.

Jenis bekas jerawat satu ini merupakan salah satu yang sering terjadi. Apabila jerawatnya terlalu besar maka biasanya akan menimbulkan lekukan bekas jerawat yang cukup dalam.

2. Hypertrophic Scars


Jika sudah parah, biasanya bekas luka ini hampir menyerupai keloid dan biasanya bekas luka akan perlahan mengeras. Cara penyembuhannya pun hanya bisa dengan menyuntikan steroid intralesi. Memang jenis ini sangat sulit hilang apabila melalui proses alami.

Selain itu, penyembuhannya juga bisa melalui derma roller pada klinik kecantikan. Akan tetapi prosesnya juga tidak dapat instan. Akan tetapi tetap memerlukan waktu cukup lama.

3. Keloid Scars


Bagi sebagian besar orang tentu saja tidak asing lagi dengan istilah keloid bukan? Ini merupakan sebuah jenis bekas jerawat yang cukup mengganggu penampilan. Ini perlu menggunakan sunscreen untuk kulit berjerawat.

Keloid merupakan salah satu bekas luka jerawat penyebabnya oleh penumpukan kolagen. Biasanya pengobatan yaitu dengan melakukan penyuntikan steroid agar luka menjadi lebih datar. Jenis ini sama seperti hypertrophic scars, sangat sulit hilang apabila hanya melalui proses alami saja.


Faktor Penyebab Terjadinya Bekas Jerawat

id.pinterest.com by sehatq.com
id.pinterest.com by sehatq.com

Bekas jerawat merupakan salah satu noda yang biasanya cenderung sulit hilang meskipun telah melakukan berbagai upaya pembersihan. Biasanya hal tersebut terpengaruh oleh beberapa factor penyebab, berikut ulasan lengkapnya.

1. Peradangan


Tidak terpungkiri lagi bahwa perdagangan menjadi salah satu faktor penyebab terjadinya bekas jerawat. Pembuluh darah biasanya akan menyebar di sekitar area wajah dan menimbulkan bintik kemerahan yang akhirnya akan melebar.

Bila tidak segera teratasi maka akan menyebabkan masalah cukup serius pada kulit wajah. Ini juga bisa merusak jaringan yang berada di dalamnya. Hal tersebut menyebabkan kulit sering mengalami berbagai macam gangguan.

2. Penumpukan Kolagen


Pada dasarnya kulit selalu memproduksi kolagen secara alami yang panas berguna untuk menjaga kesehatan. Dalam keadaan tertentu kulit terlalu berlebihan memproduksi kolagen. Hal tersebut sangat tidak bagus untuk kesehatan kulit dan menimbulkan timbulnya jerawat serta bekasnya.

Pada proses penyembuhan jerawat, permukaan kulit tentu akan menghasilkan kolagen yang berfungsi menutupi bekasnya nanti. Ternyata produksi kolagen berlebih juga tidak baik untuk jerawat karena bisa menimbulkan hypertrophic scars dan keloid scars.

3. Memencet Jerawat


Inilah sebenarnya penyebab utama mengapa bekas jerawat muncul. Masyarakat yang tidak nyaman dengan keberadaannya biasanya akan terus memencet bagian wajah tanpa mengetahui akibat yang terjadi setelahnya.

Selain itu memencet jerawat juga berdampak pada penyebaran bakteri di sekitar area wajah. Ini akan membawa akibat yaitu jaringan kulit alami yang berfungsi sebagai penutup bekas luka akan memerah dan akhirnya menimbulkan noda.

Cara Mencegah Bekas Jerawat Menggunakan Sunscreen


Jika Anda memiliki bekas jerawat, tidak ada salahnya untuk menggunakan produk sunscreen. Terdapat banyak cara cepat mengatasi masalah ini Langkah pertama adalah menggunakan jenis sunscreen memiliki tekstur ringan seperti gel lotion dan spray.

Ketiga jenis tersebut sangat efektif dan tidak merusak permukaan kulit. Selain itu juga sangat mudah untuk menyerap ke dalam kulit wajah berjerawat.

Selanjutnya yaitu menggunakan sunscreen yang memiliki label UV reflektor dan absorber. Hal tersebut karena kedua jenis ini mampu memberikan perlindungan maksimal pada kulit jerawat. Kandungannya juga mampu memberikan efek nyaman pada kulit saat pemakainya ke seluruh permukaan kulit wajah.

Namun jangan lupa untuk selalu melakukan re-apply sunscreen untuk menjaga kulit Anda tetap aman walau berada di bawah matahari.

Membuat Sunscreen Bekas Jerawat di Maklon Kosmetik


Bagi Anda yang ingin membuat produk sunscreen untuk kulit berjerawat namun tidak tahu cara membuatnya, maka bisa menggunakan jasa Maklon Kosmetik. Cukup melakukan kerjasama saja dan segala proses akan terlayani oleh jasa mulai dari penyiapan bahan, proses pembuatan, dan finishing.

Soal produk Anda tidak perlu khawatir karena produk skincare di tempat ini memiliki kualitas terbaik dan memiliki izin resmi baik dari BPOM maupun MUI. Oleh karena itu sangat terutama hal pembuatan kosmetik, skincare, dan tentunya sunscreen.

Itulah tadi pembahasan mengenai sunscreen untuk bekas jerawat dan bagaimana cara mencegahnya. Jerawat memang menjadi momok bagi setiap orang karena sangat mengganggu dan membuat produktivitas berkurang.

Blog Post Lainnya
Social Media
Telpon & WA
0856-4314-2565
0812-5908-8470
0812-5908-8445
0813-9159-1119
0852-2519-5252
0831-0804-5000
Alamat
navasinergi@gmail.com
Jl. KH. Ahmad Dahlan No.54, Ngampilan, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55261
@2022 Industri Kosmetik | Maklon Minuman Kesehatan Inc.